sidetekin

Separuh dari Penduduk India Belum Punya Toilet!


Kelihatannya remeh, tapi sangat dibutuhkan. Bisa dibilang, salah satu bagian yang masuk daftar ‘wajib ada’ ketika kita berniat mendirikan hunian. Ya, itulah toilet. Bagian kecil rumah yang jadi salah satu kebutuhan primer. Kalau tidak ada, lumayan berabe. Apalagi sekarang toilet umum jarang ditemukan, terlebih di kawasan pemukiman perkotaan.

Ngomong-ngomong soal toilet, ada fakta yang cukup mengagetkan di India. Di negara dengan penduduk kurang lebih 1,2 miliar ini, hanya separuh penduduknya yang sudah mempunyai toilet. Hal ini terungkap melalui data hasil sensus penduduk tahun 2011 lalu. Dibanding mempunyai toilet, justru lebih banyak penduduk yang mempunyai ponsel (53%).


Dari total 246,6 juta rumah tangga di India, hanya 46,9%-nya yang rumahnya sudah dilengkapi jamban. 49%-nya memilih buang air besar di tempat terbuka, dan 3,2 %-nya masih mengandalkan toilet umum. Padahal, 63,2% rumah sudah mempunyai telepon rumah. Sungguh kenyataan yang mencengangkan, bahwa jumlah yang mempunyai sarana telekomunikasi modern lebih banyak dibandingkan yang mempunyai sarana primer seperti toilet. Persentase yang hampir mencapai separuh di atas mewakili banyak kelompok miskin.

Rumah-rumah yang tidak mempunyai jamban banyak tersebar di 3 wilayah yang penduduknya hidup pada atau di bawah garis kemiskinan dengan biaya hidup kurang dari 1 dolar per hari. Rumah-rumah yang tak punya jamban yakni tersebar kurang lebih 77% rumah di bagian timur Jharkhand, 76,6% di Orissa dan 75,8% di Bihar. Data hasil sensus ini menunjukan begitu kontrasnya perbedaan kemampuan ekonomi dalam masyarakat India.

Jutaan penduduk bisa menikmati keberadaan fasilitas modern informasi dan komunikasi, namun di sisi lain masih banyak penduduk miskin yang bahkan fasilitas dasar seperti toilet pun tidak punya. “Buang air besar ditempat terbuka menjadi perhatian besar di negara yang hampir setengah penduduknya melakukan itu,” Ujar Komisioner pencatat dan sensus di India. “Budaya dan alasan tradisi serta minimnya pendidikan merupakan alasan utama dari praktek yang tidak higenis ini. Kami harus melakukan banyak hal,” imbuhnya lagi.

Selain kemiskinan, faktor-faktor seperti tradisi dan budaya serta pendidikan yang minim memang alasan terpenting yang menyebab sebagian penduduk India masih buang air sembarangan. (via uniqpost.com)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Unik 1411024768728093332

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item