sidetekin

8 Fakta Tentang Sperma yang Wanita Belum Tentu Tahu


Sperma bukan hanya sekadar 'alat' untuk membuat wanita hamil. Ada banyak hal dari sperma yang belum tentu Anda tahu dan mungkin saja menjadi penyebab kenapa Anda belum juga berbadan dua. Inilah berbagai fakta mengenai sperma seperti dirangkum dari Your Tango.

1. Tidak semua sperma memiliki bentuk yang sama. Meskipun saat ejakulasi pria bisa mengeluarkan jutaan sperma, faktanya banyak dari sperma tersebut yang cacat. Cacat di sini adalah sperma tersebut ada yang memiliki dua kepala, dua ekor, ekor yang bengkok, kepala terlalu lebar atau kecil dan sebagainya. Bentuk sperma ini mempengaruhi kemampuannya untuk berenang mencapai sel telur. Sperma yang bisa membuahi kepala dan ekornya harus normal.

2. Sperma itu pekerja keras. Meskipun tidak semuanya, ada sperma yang mau bekerja keras berenang dengan susah payah menuju sel telur. Sperma pekerja keras inilah yang akan membuahi sel telur dan membuat Anda hamil.

3. Sperma tidak sama dengan semen atau air mani. Sperma sebenarnya adalah salah satu bagian dari air mani. Air mani ini selain mengandung sperma juga memiliki fruktosa dan proteolytic serta enzim lain yang dapat membantu sperma bertahan hidup mencapai sel telur. Sperma tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Sedangkan air mani berwarna putih, kadang keabu-abuan dan agak kental,

4. Jumlah sperma yang keluar saat ejakulasi bisa mencapai ratusan juta yaitu antara 200-500 juta. Pada pria dengan usia yang masih muda, jumlahnya bisa lebih banyak lagi.

5. Agar terjadi pembuahan, sperma harus mampu berenang dan mengebor ke dalam sel telur. Namun sperma tak harus selalu berenang untuk bisa menghasilkan berenang. Pasangan yang memiliki anak dengan proses bayi tabung, sperma disuntikkan langsung ke dalam sel telur.

6. Sperma yang keluar saat ejakulasi tidak semuanya berhasil mencapai sel telur. Hanya separuh dari sperma yang keluar dari sel telur itu berhasil mencapai sel telur. Separuhnya lagi hanya bergerak-gerak tak tentu arah saja.

7. Untuk mendapatkan sperma yang sehat, testikel harus dalam keadaan lebih dingin dari tubuh. Secara rata-rata testikel ini tujuh derajat lebih dingin dibandingkan bagian tubuh lainnya. Jadi sebaiknya para pria harus menghindari aktivitas yang membuat area testikel menghangat, seperti menaruh laptop di atas paha.

8. Untuk mengetahui kemampuan cairan sperma mampu membuahi atau tidak, tidak dapat ditentukan dengan melihat konsistensinya yang seperti jelly, dan juga tidak bisa ditentukan dari kekentalan atau keencerannya. Harus dilakukan pemeriksaan di laboratorium yaitu analisis sperma. Nantinya akan diperiksa secara makroskopis dan mikroskopis (dilihat melalui mikroskop). (via wolipop.detik.com)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

StickyNews 6785595763559545817

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item