sidetekin

Inilah 10 Pekerjaan yang Paling Diminati di Indonesia


Dari sekian banyak lapangan pekerjaan yang tersedia, ada 10 pekerjaan yang paling diminati oleh para pencari kerja di Indonesia. Apa saja?

1.Bidang Kesehatan

Sudah sejak dahulu, pekerjaan di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat, dan apoteker, sudah diminati di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya mahasiswa kedokteran yang semakin bertambah jumlahnya, juga maraknya kemunculan sekolah dan akademi perawat, sekolah farmasi, dan lain sebagainya.

Alasan mengapa banyaknya peminat untuk bekerja di bidang ini adalah selain bakal memiliki penghasilan di atas rata-rata, juga menghadirkan sisi sosial yang menjadi kepuasan tersendiri bagi mereka. Pengabdian juga jadi alasan kedua mereka setelah penghasilan.

2.Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Salah satu pekerjaan yang paling diminati di Indonesia adalah sebagai tenaga kerja di luar negeri atau yang disebut TKI. Yang dimaksud TKI di sini adalah warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri baik sebagai tenaga ahli, ilmuwan, pekerja kantoran, hingga buruh.

Mereka mencari uang hingga ke berbagai negara di seluruh penjuru dunia seperti Malaysia, Korea, Singapura, Arab Saudi, China, Jepang, Amerika Serikat, dan berbagai negara di Uni Eropa.

TKI tercatat sebagai salah satu menyumbang devisa terbesar bagi negara, namun ironisnya mereka kerap dimanfaatkan sebagai lahan pungutan liar (pungli) oleh berbagai pihak yang tak bertanggung jawab. Selain itu, pemerintah juga tidak menaruh perhatian yang besar kepada para TKI, sehingga banyak nasib para TKI berujung tragis.

Meski demikian, pekerjaan sebagai TKI menjadi salah satu yang paling diminati karena kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan di Indonesia, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah.

3.Jurnalis

Jurnalis atau wartawan merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan, namun cocok bagi Anda yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan tidak menyukai hal-hal yang monoton. Meski tantangan yang dihadapi memang banyak, misalnya saat dikejar deadline.

Melihat berbagai media massa seperti televisi, koran, majalah, radio, dan media online yang terus menjamur di Indonesia, pekerjaan sebagai jurnalis ini pun marak diminati.

Jurnalis adalah ujung tombak dari berbagai jenis media, jadi tidak mengherankan jika gaji seorang wartawan (seharusnya) tergolong besar.

4.Travel Guide

Saat ini perusahaan travel agent sedang menjamur di Indonesia seiring dengan semakin terjangkaunya biaya tiket pesawat terbang.

Pekerjaan sebagai travel guide memiliki banyak peminat karena mereka bisa bekerja sambil jalan-jalan, terutama bagi mereka yang memang memiliki hobi traveling.

Selain itu, pekerjaan travel guide juga cukup menjanjikan dari sisi penghasilan. Meski demikian, untuk bisa memperoleh pekerjaan ini, Anda dituntut juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan berbagai bahasa asing lainnya.

5.Guru dan Dosen

Tak dipungkiri lagi bahwa pekerjaan ini memiliki peminat yang banyak. Di Indonesia, guru juga diperlukan hingga ke daerah pedalaman yang sulit terjangkau oleh transportasi umum.

Saat ini, kesejahteraan guru pun sudah lebih diperhatikan pemerintah ketimbang di era Orde Baru silam. Bahkan, pemerintah kini telah mengalokasikan 70% dari dana pendidikan untuk gaji guru dan dosen.

Selain itu, pekerjaan sebagai pengajar ini dianggap sebagai suatu hal yang sangat mulia karena dianggap dapat mencerdaskan kehidupan bangsa demi mencetak calon-calon penerus negeri yang akan menjadi pemimpin di masa depan.

6.Karyawan Bank

Bekerja di bank masih menjadi pekerjaan yang paling diminati dan paling difavoritkan. Bekerja di bank banyak diminati oleh para fresh graduate, di samping pihak bank juga tergolong 'rajin' menyerap tenaga muda, energik dan bersemangat.

Gaji juga menjadi salah satu penunjang mengapa bekerja di bank sangat diminati, selain itu bonus, tunjangan, bonus tahunan adalah fasilitas yang diberikan perusahaan.

Menurut Bank Indonesia tercatat ada 122 bank yang ada di Indonesia, baik bank milik pemerintah, bank swasta, bank perkreditan, dan bank syariah, yang kesemuanya banyak menyerap tenaga kerja.

7.Marketing

Marketing adalah salah satu pekerjaan yang paling diminati di Indonesia. Beberapa orang ada yang tidak betah untuk tetap bekerja di dalam kantor, maka marketing dapat menjadi pilihan.

Bekerja sebagai marketing tidak menuntut untuk tetap stay di kantor, karena waktunya yang fleksibel maka pekerjaan marketing hingga sekarang masih tetap diminati, meski harus berlomba-lomba dengan target.

Marketing dianggap ujung tombak dari perusahaan sehingga gaji yang diperoleh pun lebih tinggi dari staf lainnya yang biasa ada di perkantoran.

8.Bidang Teknologi Komputer

Perkembangan internet dan komunikasi semakin pesat, bahkan dalam hitungan bulan. Banyak fitur dan aplikasi yang dibuat untuk mencukupi kebutuhan orang-orang berkomunikasi.

Dan untuk itulah, pekerjaan di bidang teknologi komputer semakin berkembang. Tak hanya di bidang IT, tetapi Costumer Service, Administrasi Data, Buzzer, Web Service dan lain sebagainya.

Lowongan pekerjaan di bidang ini juga sudah banyak dibuka di setiap perusahaan, dan kenyataannya banyak pula yang menginginkan pekerjaan tersebut. Hal ini terlihat juga dari menjamurnya sekolah dan akademi yang membuka bidang studi IT/ Komputer di Tanah Air

9.Pegawai BUMN

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah badan usaha yang dimiliki oleh negara. Jumlah BUMN di Indonesia saat ini berjumlah 120 perusahaan.

Menjadi pegawai BUMN merupakan salah satu pekerjaan paling diminati di Indonesia, khususnya angkatan kerja produktif.

Minat masyarakat untuk bekerja di BUMN ini sangat besar, seperti yang kita ketahui bekerja di BUMN akan mendapat berbagai fasilitas seperti gaji yang cukup tinggi, berbagai macam bonus, insentif, tunjangan, serta jenjang karir yang menjanjikan.

10.Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Hingga kini, PNS menjadi pekerjaan yang paling diincar dan diminati di Indonesia. Setiap tahunnya selalu dibuka penerimaan pegawai baru menyeimbangi dengan banyaknya pegawai yang telah memasuki masa pensiun.

Hal yang dilirik oleh para pencari kerja yang menginginkan pekerjaan ini adalah karena tunjangan hari tua dan pekerjaan sehari-harinya yang dianggap tidak terlalu berat. Setiap Sabtu dan Minggu dipastikan libur dan jarang sekali ada lembur.

Seperti yang kita tahu, PNS juga memiliki jenjang pangkat atau golongan, dari mulai golongan I.A (pangkat juru muda) hingga IV.E (pangkat pembina utama). Dengan adanya jenjang karir yang diklasifikasikan ke dalam golongan-golongan tersebut, membuat masyarakat semakin ingin menjadi PNS.

Menurut data di tahun 2011, jumlah PNS di seluruh Indonesia tercatat sebanyak 4,7 juta jiwa. Angka ini masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 200 juta jiwa.

source

Top 319505574795038028

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item