sidetekin

Inilah Kota yang Paling Lama Terguyur Hujan, Tapi Nggak Banjir..


Curah hujan yang mengguyur kota-kota di Indonesia belakangan memang mengakibatkan kekhawatiran masyarakat secara umum. Pasalnya, hujan tersebut berdampak pada bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Hingga berimbas pada pemadaman listrik.

Namun, masyarakat Indonesia seharusnya bersyukur atas intensitas hujan yang terjadi hanya 2-3 hari saja. Tau nggak sobat lintas, ada sebuah tempat dimana hujan turun terus menerus sepanjang tahun.

Di wilayah Oahu, Hawaii merupakan salah satu wilayah yang terguyur hujan setiap harinya sepanjang tahun. Hingga akhirnya salah satu pulau terbesar di Hawaii tersebut mendapat predikat sebagai pulau yang pernah diguyur hujan terlama dalam sejarah bumi.

Di tahun 1993 pernah terjadi fenomena yang cukup mencengangkan, yakni kota Kaneohe Ranch diyur hujan hingga 247 hari non-stop. Ini adalah rekor curah hujan tertinggi dalam sejarah. Namun anehnya, kota tersebut tak banjir.

Apabila dikalkulasi secara utuh, warga Kaneohe Ranch merasakan guyuran hujan fenomenal itu mulai dari 27 Agustus 1993 sampai 30 April 1994.

"Hawaii memang punya data curah hujan yang fantastis," kata Jim Ashby, ahli klimatologi di Western Regional Climate Center di Reno, Nevada, Amerika Serikat, seperti dikutip dari USA Today.

Hawaii berbeda dari wilayah barat laut Samudera Pasifik. Oleh karenanya, iklimnya sedikit lebih ekstrim dan terpengaruh tekanan tropis.

"Tidak selalu mendung dan hujan. Ada kalanya muncul hari-hari yang cerah." tambahnya.

Dan sobat lintas, daerah di Amerika lainnya yang pernah mengalami hujan berhari-hari secara berturut-turut adalah Centralia, Otis, dan Seattle di Washington. Centralia pernah diguyur hujan selama 55 hari antara akhir 1996 hingga awal 1997. Sementara Seattle mengalami hujan terlama sejarah kota tersebut pada tahun 1953, yakni 33 hari. Sedangkan kota Otis di Oregon menerima hujan mulai Desember 1997 hingga pertengahan Februari 1998, warga kota ini tak pernah berhenti mendapat tetesan air hujan selama 79 hari non-stop. Namun lagi-lagi kota-kota tersebut tak mengalami banjir yang parah seperti kota-kota di Indonesia. (via lintas)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Unik 4821106740195433481

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item