sidetekin

Tips Mencari Kerja Bagi yang Baru Lulus dari Kampus


Selamat, Anda akhirnya lulus dari universitas. Halangan yang paling sulit adalah di mana dan bagaimana menemukan pekerjaan baru yang sesuai dengan studi Anda? Berikut beberapa tips untuk Anda yang disajikan dari pengalaman banyak orang, Minggu (13/4/2014):

1. Portofolio dan surat lamaran disajikan dengan baik
Pertama-tama, pastikan Anda memiliki porpofolio dan surat lamaran dengan benar. Anda harus tahu mengapa sebuah perusahaan harus memilih Anda sebagai kandidat terbaik untuk pekerjaan yang diberikan. Bila Anda bingung mintalah saran dari seseorang yang ahli jika diperlukan.

Sebelum menuliskan di surat lamaran, baca deskripsi pekerjaan yang ingin Anda ambil dan hati-hati menargetkan keinginan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Selalu mencari informasi melalui online maupun televisi apa saja yang kemungkinan dibahas saat wawancara.

2. Mencari dengan teliti
Mencari lowongan dengan teliti kalau bisa sesuai dengan studi yang Anda ambil. Lamaran kerja yang dikirim setelah beberapa hari tidak dapat langsung dijawab oleh perusahaan. Namun demikian, Anda perlu bersabar dan terus mencari.

Ada ratusan situs internet yang dapat menyediakan tawaran pekerjaan yang sesuai dengan persyaratan dan memenuhi kebutuhan Anda. Tetap terhubung dengan teman yang sudah bekerja dan meminta mereka jika ada tawaran ditempatnya mungkin menarik untuk Anda.

3. Gunakan jaringan sosial
Media sosial sangat membantu kita dalam mencari peluang kerja. Berpartisipasilah dalam forum serta mencantumkan gelar agar anda lebih mudah mendapatkan informasi kerja. Jangan sungkan untuk menanyakan tawaran pekerjaan kepada pengguna media sosial lainnya, ini sangat membantu. Kebanyakan dari mereka sering berbagi informasi tentang lowongan kerja ataupun berteman dengan akun-akun yang sering memberikan informasi lowongan kerja. Mungkin ada yang cocok untuk Anda.

4. Melakukan hal yang menonjol dibandingkan dengan orang lain.
Lakukanlah hal yang menunjukkan lebih tentang potensi Anda. Buat portofolio Anda dengan menarik agar perusahaan tertarik untuk melihatnya. Di berbagai perusahaan banyak pelamar kerja yang menaruh lamaran dengan format biasa. Nah, Anda buat portofolia secara berbeda agar perusahaan yang dituju melihat kalau Anda berbeda dengan pelamar lainnya.

5. Percaya diri dan jangan menyerah
Tetap percaya diri dalam mencari peluang kerja. Jangan menyerah! Anda mungkin telah mencoba segalanya, walaupun masih gagal tapi masa depan masih tetap dibuka. Jangan berkecil hati kegagalan dalam mencari kerja pernah terjadi pada semua orang terutama pada orang-orang yang baru menyelesaikan studi Mencari pekerjaan adalah pasar yang kompetittif. Jika Anda menyerah terlalu dini, Anda kehilangan perdagangan. (via Yulia Yulee/liputan6.com)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Tips 8722785730183547985

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item