sidetekin

Sejak Kapan Laki-laki Ada di Muka Bumi?


Sejak kapan laki-laki hidup di muka bumi? Pertanyaan itu bisa dijawab dengan mengetahui umur kromosom Y, kromosom seks penentu jenis kelamin laki-laki.

Studi terbaru yang dilakukan oleh Dr Erain Elhaik dari University of Sheffield mengungkap bahwa laki-laki sudah ada sejak 209.000 tahun yang lalu.

Dengan umur tersebut, laki-laki ada 9.000 tahun lebih awal dari yang diduga, seumur dengan mitokondria perempuan.

"Kami mengatakan dengan kepastian bahwa manusia modern muncul di Afrika sejak 200.000 tahun yang lalu," kata Elhaik.

Temuan Elhaik membantah temuan sebelumnya oleh ilmuwan University of Arizona yang dipublikasikan di Journal of Human Genetics.

Penelitian itu mengungkap kromosom Y ada sejak 120.000 - 156.000 tahun yang lalu. Sementara itu, perempuan ada sejak 99.000 - 148.000 tahun lalu.

Berdasarkan penelitian itu, kromosom Y adalah hasil interbreeding. Dahulu, laki-laki dan perempuan hidup pada zaman yang sama, tetapi mungkin tak pernah bertemu.

Elhaik mengungkapkan, "Kami menunjukkan bahwa studi yang dilakukan University of Arizona tak memenuhi standar ilmiah."

Elhaik, seperti diberitakan Design Trend, Kamis (23/1/2014), mengatakan, studi yang dilakukan sebelumnya menciptakan kekacauan ruang dan waktu.

"Sudah pasti bahwa manusia modern tidak mengalami interbred dengan homonin pada 500.000 tahun lalu," kata Elhaik.

"Sudah jelas juga bahwa tidak ada satu Adam dan Hawa, melainkan banyak Adam dan Hawa yang hidup berdampingan," imbuhnya.

Untuk menentukan umur Adam, Elhaik menggunakan rumus, umur rata-rata laki-laki punya anak pertama dikali jumlah mutasi dibagi laju mutasi kromosom Y.

Dengan menggunakan rumus itu, Elhaik juga mengungkap bahwa studi sebelumnya dilakukan dengan memanipulasi variabel dalam rumus tersebut agar umur laki-laki lebih tua. (via sains kompas)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Pengetahuan 1007684458219326352

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item