sidetekin

Cara Menyelamatkan Akun Twitter yang Kena Auto-tweet


“Gue dari tadi nggak megang hape, kok Twitter gue update sendiri?”
“Gue dari tadi nggak mention mantan, kok Twitter gue mention sendiri?”
“Gue dari tadi nggak foto selfie, kok Twitter gue upload foto Katy Perry?”

Buat kalian yang pernah mengalami masalah serupa, gue mau ngasih tau kalo Twitter kalian sudah kena scam!

Jadi gini, kira-kira sebulan yang lalu, gue nemuin sebuah trending topic yang menyebutkan nama salah satu kandidat calon presiden Indonesia. Pas gue cek tweet-tweet yang ada di dalam trending topic itu, isinya cuma tweet-tweet semacam ini:

“Hidup Supri! 1”

“Hidup Supri! 2”

“Hidup Supri! 3”

“Gratiskan kaset GTA 5!”

… dan seterusnya. Anehnya, yang ngetwit tuh akun-akun yang berbeda. Kurang lebih ada ratusan atau ribuan akun berbeda yang ngetwitnya sama persis. Gue penasaran dong, mana mungkin ada ribuan orang ngetwit yang isinya sama dalam waktu yang sama pula. Kalo pun mereka lagi nongkrong bareng di warteg, kayaknya nggak mungkin juga mereka bakal megang hape semua. Mereka bakal sibuk jilatin kaca display warteg sambil nge-slide milih gorengan yang mana.

Terus, pas gue selidikin secara lebih lanjut, ternyata banyak di antara akun-akun itu yang belakangan ngetwit, “Loh? Kok twitter gue ngetwit sendiri ya? Sumpah gue nggak kenal Supri itu siapa!”

Wah.. Tweet mereka yang mengeluhkan hal semacam itu bikin jiwa Sherlock Holmes gue mendadak membuncah. Gue langsung ngambil kaca pembesar, make topi, dan ngambil pipa rokok. Tapi, karena itu pipa eyang gue, pipanya diminta lagi.

Oke.. Gue segera menyelidiki kasus ini dan mencari penyebab dari masalah ini. Dan alhamdulillah, namanya niat baik, mbah Google langsung ngasih pertolongan. Setelah gue selidiki, ternyata fenomena auto-tweet dan auto-retweet itu ada ‘dalang’-nya.

Dengan keadaan kayak gini, gue mau ngasih beberapa tip biar kalian nggak menjadi korban:

Kalo lo udah terlanjur jadi korban, misal akun lo ngetwitin link-link bokep, atau ngetwitin caleg-caleg bermuka bokep, lo bisa nyembuhin akun lo dengan cara ini:
  • Masuk ke www.twitter.com (via PC, bukan mobile)
  • Masuk ke Settings
  • Klik Application
  • Terus pilih “Revoke access” di semua aplikasi yang ada di situ terutama yang nggak dikenal (recommended).
  • Abis itu, ada baiknya lo ganti password akun lo, sebelum password-nya diganti sama orang.
  • Ucapkan alhamdulillah, dan jangan nyembah pohon pepaya. Dosa.

Nah, itu sekilas tutorial singkat dari gue, pria-rendah-hati-baik-hati-namun-tak-ada-wanita-yang-mau-mengerti-ini. Semoga kalian yang pernah terdzolimi oleh hacker, segera sembuh dan tidak akan mengulangi kekhilafan kemarin. Buat programmer nakal yang bikin aplikasi semacam ini, pesen gue, mending alihkan jiwa kreatif kalian ke hal-hal yang lebih positif. Misal, bikin aplikasi “Auto-jodoh”. (via nyunyucom)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Tekno 2549293723566184589

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item