sidetekin

5 Mitos dan Fakta di Balik Monas Jakarta, Orang Jakarta Wajib Tau!


Hampir semua orang tahu di mana Monumen Nasional atau Monas berada. Tapi, tahukah kamu fakta dan hal apa saja yang ada di balik ikon Ibu Kota Jakarta ini? Berikut ini adalah beberapa fakta penting mengenai Monas yang harus kamu tahu :

Lidah Api Monas : Emas dan Misteri
Pucuk Monas dengan bentuk lidah api berdiameter 6 meter dan tinggi 17 meter ini merupakan sebuah bangunan yang terdiri atas emas murni. Namun, terdapat anggapan bahwa bentuk lidah api ini merupakan bentuk siluet Ratu Nyai Roro Kidul yang sedang duduk. Tidak heran, kawasan Monas ini menjadi kawasan seram jika sudah lewat tengah malam. Kalau kamu percaya gak, Guys?

Aceh Penyumbang 28 Kg Emas
Tapi, tahukah kamu siapa yang menyumbangkan 28 Kg emas bagian lidah api Monas ini? Dia adalah Teuku Markam, yakni seorang saudagar asal Tanah Rencong Nangro Aceh Darusallam yang semasa hidupnya terus berjuang membela tanah air, namun hak-haknya justru dirampas hingga ia menghembuskan napas terakhirnya pada tahun 1985.

Lima Kali Ganti Nama
Sebelum disahkan sebagai Tugu Monas, wilayah ini juga mengalami lima kali pergantian nama. Dari mulai Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas.

Gunung Salak dan Pulau Seribu
Selain bisa melihat berbagai gedung yang menjulang tinggi di Jakarta, kamu juga bisa melihat indahnya Gunung Salak Jawa Barat dan eksotisnya pantai di Kepulauan Seribu dari pelataran puncak Tugu Monas.

Monas dan Lingga Yoni
Bangunan setinggi 132 meter yang diarsiteki oleh R.M. Soedarsono dan Friedrich Silaban (arsitek Mesjid Istiqlal) ini ternyata memiliki filosofi tersendiri. Hal tersebut terlihat dari bentuknya yang serupa dengan "Lingga Yoni", yakni lambang kearifan lokal laki-laki dan perempuan. (via lintasme/da)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Pengetahuan 2698616206729524492

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item