sidetekin

Toilet Berumur 700 Tahun Ditemukan Lengkap dengan Tampungan dan Isinya


Para ahli menemukan 'harta karun' berusia 700 tahun di Denmark. Temuan ini diyakini menyimpan rahasia diet di masa lalu, sebab 'harta karun' yang dimaksud adalah toilet kuno lengkap dengan tampungan berikut isinya yang masih utuh!

Temuan tersebut dianggap menakjubkan karena tinja yang tertampung di dalam sebuah toilet kuno berada dalam 'kondisi sangat baik'. Baunya masih menyengat meski terkubur ratusan tahun lamanya.

Hingga kini belum dipastikan apakah 2 toilet tersebut terhubung dengan rumah pribadi, atau didirikan sebagai toilet umum. Yang jelas, para ilmuwan berharap temuan ini bisa memberi petunjuk tentang makanan apa saja yang dikonsumsi masyarakat Denmark di masa lalu.

Para arkeolog menemukan situs peninggalan bersejarah itu di wilayah Vilhelm Werners square di Odense, Pulau Funen. The Copenhagen Post melaporkan, wujud toilet itu berupa tangki kayu yang dilapisi tanah liat untuk membuatnya kedap air.

Penggalian terus dilakukan dan menjadi penggalian paling besar di wilayah urban sepanjang sejarah Denmark. Odense sendiri merupakan kota paling besar ketiga di negara tersebut.

Seperti layaknya situs peninggalan kuno, kawasan penggalian juga dibuka untuk umum. Tur gratis disediakan bagi pengunjung setiap hari Selasa dan Kamis. Cukup banyak yang berminat, meski yang dilihat adalah toilet kuno lengkap dengan tampungan tinjanya.

Dikutip dari Dailymail, Rabu (26/3/2014), situs ini bukan situs toilet tertua yang pernah ditemukan. Sebelumnya, toilet kuno juga pernah ditemukan di India dan Pakistan. Diperkirakan dibuat pada tahun 2.800 sebelum Masehi. (via detik.com)

Unik 5427942242083711486

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item