sidetekin

Jenis Kelamin Laki-laki Bisa Punah 5 Juta Tahun Lagi


Koromosom Y adalah kromosom penentu jenis kelamin laki-laki, Proses evolusi kromosom ini dianggap tidak stabil dan bisa mengakibatkan jenis kelamin laki-laki punah suatu saat nanti.

Hal itu diungkapkan oleh Profesor Jenny Graves, Peneliti genetika Universitas LaTrobe Australia, hal itu ia ungkapkan berdasarkan oleh perhitungan penyusutan kromosom Y. Sekitar 166 Juta tahun yang lalu kromosom Y mempunyai 1.669 gen. Tapi, hari ini jumlahnya menyusut menjadi 45 gen saja. Jadi menurut perhitunganya per satu juta tahun, gen kromosom Y hilang 9,8 gen.

Profesor Jenny juga menyebutkan penyebab evolusi yang tidak stabil pada kromosom Y ini terjadi karena mutasi, pembatalan dan penyisipan sel yag dilakukan secara terus menerus di testis.

Menurutnya, tempat testis berkembang menjadi tempat yang kurang baik untuk berkembangannya kromosom Y. Dalam evolusi itu kromosom Y gen potensial untuk laki-laki banyak yang disalin ke kromosom X. Akibatnya suatu saat nanti jenis kelamin laki-laki bisa punah di muka bumi ini.

Sang profesor juga berspekulasi kalau nantinya laki-laki punah, akan ada gen da kromosom penentu jenis kelamin yang lebih baru yang akan melahirkan jenis kelamin baru.

“Ini proses yang alamiah. Mungkin nantinya akan mengarah pada evolusi spesies hominid baru,” katanya.

source

Pengetahuan 7451138802225692015

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item