sidetekin

7 Hobi yang Bisa Membuat Anda Lebih Cerdas

Anda tentunya memiliki hobi atau permainan favorit yang bisa Anda nikmati di waktu senggang.

Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa hobi yang bisa meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan memori Anda dalam jangka panjang?

Anda tidak perlu lagi melihat hobi sebagai cara untuk bersantai dan melepas penat, tetapi sebagai alat untuk membuat Anda menjadi lebih cerdas. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Belajar bahasa asing

Apakah Anda menyukai bahasa asing, negara lain, dan budaya? Jika demikian, maka Anda harus tahu bahwa Anda dapat mencapai yang terbaik dari hobi ini dengan memperluas kemampuan linguistik Anda.

Tidak hanya memberikan bahasa baru, tapi belajar bahasa asing dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai budaya, sejarah, dan tradisi dari negara tersebut.

Belajar bahasa asing akan menambah perkembangan otak Anda dan akan membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas yang rumit dengan melatih pikiran Anda tersebut.

2. Bermain video game

Meskipun benar bahwa banyak video game yang berdampak buruk bagi anak-anak maupun remaja, terutama permainan dengan unsur kekerasan, tapi ada pula keuntungannya.

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa bermain video game dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata Anda. Pada saat yang sama, video game ini juga akan melatih Anda dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

3. Fokus pada permainan mencegah otak tumpul

Otak tumpul sangat umum saat ini, tapi untungnya ada beberapa permainan dan latihan mental yang akan membantu Anda terhindar dari ini. Apakah anda antusias dengan teka-teki dan hobi serupa lainnya? Jika demikian, maka Anda harus tahu bahwa memecahkan teka-teki dan terlibat dalam aktivitas lain yang merangsang pikiran dapat mengurangi risiko demnsian lebih dari 60 persen.

4. Puzzle

Semua orang menyukai teka-teki puzzle, tidak peduli betapa menjengkelkannya. Pada dasarnya ini merupakan permainan asah otak yang merangsang pikiran Anda yang memiliki dampak positif pada kecerdasan. Daripada membuat waktu senggang Anda terbuang percuma, cobalah susun puzzle atau lakukan teka-teki silang yang bisa membuat otak Anda terus berpikir, yang pada akhirnya menjaga fungsi otak bahkan saat Anda nanti berusia lanjut.

5. Mengumpulkan koin dan produk lainnya

Hobi lainnya yang dapat membuat Anda lebih pintar adalah mengumpulkan koin dan barang-barang tertentu. Hal ini tentu akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang dunia yang mengelilingi Anda, tidak peduli jika Anda memutuskan untuk mengumpulkan koin, uang kertas lama, atau perangko.

6. Membaca

Membaca tidak diragukan lagi sebagai salah satu hobi yang paling indah. Ada jutaan buku di dunia, dan seseorang tidak bisa membaca bahkan 1 persen dari semua buku di dunia dalam seumur hidup.

Buku menawarkan cara yang unik dan luar biasa untuk memahami dunia dan buku juga menawarkan kita "gelembung imajiner", sebuah tempat yang aman di mana Anda bisa pergi setiap kali Anda ingin melarikan diri dari kenyataan.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin menjadi lebih pintar adalah dengan membuat daftar bacaan. Buat setidaknya 10 buku yang akan Anda baca tiap tahunnya, Membaca akan membuat pikiran Anda lebih waspada dan fokus.

7. Memainkan alat musik

Orang-orang yang bisa memainkan alat musik selalu dianggap sebagai orang-orang berbakat dan cerdas. Sama seperti yang terjadi dengan belajar bahasa, belajar memainkan alat musik jauh lebih efisien jika dilakukan di masa kecil, namun bukan berarti orang dewasa tak bisa melakukannya.

Kabar baiknya, Anda tak harus fokus pada satu instrumen saja. Anda bahkan bisa mempelajari beberapa instrumen sekaligus. Meski tidak semahir musisi kawakan, bermain musik punya banyak dampak positif, seperti merelaksasi pikiran dan meningkatkan fungsi kognitif. (via Lifespan/Kabar24.com)

Pengetahuan 8463393976274322588

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item