sidetekin

Hati-hati dengan Bahan Kosmetik Ini, Bisa Bikin Jerawatan


Jerawat adalah benda kecil yang selalu bikin panik. Kulit yang tadinya mulus jadi kemerahan, bahkan meninggalkan noda. Kadang kita bingung, apa penyebab jerawat? Ada yang bilang karena hormon, tidak bersih saat mencuci wajah dan sebagainya.

Satu hal lagi penyebab jerawat yang sering dilupakan, yaitu iritasi akibat bahan tertentu pada kosmetik. Pada sebagian wanita, ada bahan-bahan tertentu dalam kosmetik yang dapat menimbulkan jerawat atau memperparah kondisi wajah yang sedang berjerawat. Sebenarnya bahan-bahan ini aman, hanya saja dapat menimbulkan jerawat bagi sebagian wanita.

Dilansir oleh totalbeauty.com, inilah beberapa bahan kosmetik yang dapat menimbulkan jerawat. Cek seluruh kosmetik wajahmu! Mulai dari pelembab, bedak, blush on, lipstik, dan semuanya yang ada di meja riasmu.

Pewarna Buatan
Kalau kamu menemukan bahan FD & C dalam daftar bahan, berarti produk tersebut mengandung pewarna buatan. Hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit, banyak terdapat dalam lipstik dan blush on. Jika kulitmu sensitif, jerawat bisa muncul di sekitar bibir dan pipi.

Lanolin
Bahan ini sebenarnya mewah dan mahal, biasanya didapat dari minyak domba. Sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering, tetapi juga dapat memicu jerawat.

Mineral Oil
Banyak orang suka menggunakan kosmetik yang mengandung mineral oil, namun hati-hati karena jerawat adalah efek sampingnya. Mineral oil akan membentuk lapisan tipis pada kulit wajah, membuat sel kulit mati dan bakteri terjebak, akibatnya, jerawat bisa semakin parah dan memicu jerawat baru. Jerawat ini biasanya berupa tonjolan kecil putih mirip biang keringat.

Minyak
Ada banyak bahan kosmetik yang mengandung minyak, mulai dari minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa dan sebagainya. Pemakaian yang tidak tepat dan jika tidak dibersihkan dengan benar bisa menyebabkan jerawat.

Isopropyl Myristate
Bahan ini berfungsi mengangkat minyak dan memberi wajah tampilan yang bersih dan kesat. Namun penggunaan yang terlalu banyak bisa membuat wajah benar-benar kering dan memicu terjadinya iritasi, termasuk jerawat.

Parfum
Banyak kosmetik diberi tambahan parfum. Hal ini dapat memperparah kondisi kulit yang berjerawat dan mengiritasi kulit. Sebisa mungkin, gunakan produk kosmetik yang tidak mengandung parfum. (via clear.co.id/vem/yel/lin)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Tips 517663145077527171

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item