sidetekin

Ini 7 Tanda Kalau Kamu Salah Jurusan Kuliah!


Milih jurusan kuliah itu sama kayak pengin naik angkot, harus jeli milihnya. Jangan sampe salah jurusan. Kalo udah salah jurusan nanti jadi salah tujuan dan berpengaruh sama masa depan.

Misalnya kamu pengin angkot dari rumah ke kampus, yang harusnya naik kopaja jurusan Cipete, eh kamu malah naik kopaja yang jurusannya ke Myanmar. Selain ongkosnya mahal puter baliknya juga jauh.

Salah jurusan adalah salah satu masalah kuliah yang paling fatal dan paling sering dialami anak kuliah, terutama mereka yang baru-baru.Sebelum kamu beneran ngerasa salah jurusan, mending kamu baca dulu tanda-tandanya di bawah ini, supaya kamu nggak salah mengira, dan salah ambil langkah.


1. Banyak Tugas

Salah jurusan biasanya diawal sama keluhan-keluhan karena banyaknya tugas. Banyak tugas sampe keteteran. Terus baru deh nyari kambing hitam karena nggak sanggup sama tugas itu, jadinya dijadiin alasan salah jurusan.

Tapi kalau kamu nggak ngerjain tugas, itu malah bikin kuliah kamu lebih berat lagi. Anggaplah tugas itu tantangan, bukan sebuah halangan yang bikin kamu nyerah.

Materi Kuliah yang Sulit Dimengerti
Gue kuliah di jurusan Psikologi, dan dari semester awal hingga tengah sekarang, rasanya gue kayak kuliah di kedokteran. Gue belajar tentang syaraf, macam-macam penyakit, perkembangan manusia, sampe ngapalin nama-nama obat. Udah gitu buku materi kuliah gue tebelnya minta ampun, bisa kali buat bikin orang gegar otak kalo kepalanya dipukul pake itu buku.

Dan materi kuliah yang sulit dan nggak sanggup kamu mengerti ini juga bisa jadi tanda kamu salah jurusan. Tapi jangan menyerah, sesulit apa pun materi kuliah kalo kamu mempelajarinya dengan sungguh-sungguh pasti bisa dimengerti. Kecuali kamu disuruh ngertiin cewek, gue sih mending nyerah.


2. Nilai yang Jelek

Ujian dan pas kuliah beda jauh sama ujian pas sekolah. Tentu beda, tingkat kesulitannya udah bukan level medium lagi, tapi superinsane. Belum lagi kalo soal ujian yang kamu kerjain nggak ada di materi kuliah yang udah susah-susah kamu pelajarin.

Nilai yang jelek juga bisa jadi tanda kamu kamu salah jurusan. Saran dari gue: deketin temen yang pinter, kalo bisa cewek. Selain nantinya bisa diajarin, bisa juga dipacarin. Jangan khawatir masih ada semester depan.


3. Ngerasa Gak Nyaman

Guys, kenyamanan itu akan kamu rasakan kalo kamu sendiri yang menciptakan. Kamu ngerasa gak nyaman sama kuliah kamu, karena kamu membiarkan rasa nggak nyaman itu menghinggapi pikiran kamu.

Cobalah hal baru, misalnya materi kuliah yang kamu pelajarin lansung kamu terapin di kehidupan kamu. Pasti seru. Selain kamu bakal terus belajar, itu juga bakal bikin kamu nyaman dan makin semangat. Jangan jadikan rasa nggak nyaman jadi kambing hitam alasan kamu merasa salah jurusan.


4. Tiap Naik Tingkat Terasa Makin Berat

Tingkat kesulitan kuliah berbanding lurus dengan setiap kali naiknya tingkat semester. Beberapa temen kuliah gue malah ada yang milih cuti dan pindah kampus. Semoga aja kamu nggak gitu ya.

Semakin mau ke semester akhir rasanya makin terasa berat banget. Udah gitu dosennya pada nyebelin dan sok penting semua. Tapi ingatlah, seberat apapun kuliah kamu, ini nggak jauh lebih berat dari batin mereka yang pengin banget kuliah tapi nggak bisa karena nggak punya biaya.


5. Temen-Temen yang Nggak Asik

Memang, perkuliahan dan pergaulan di kampus itu dua hal yang nggak bisa dipisahin. Di kampus pasti kita bergaul dengan temen-temen satu fakultas. Tapi gimana kalo misalnya temen-temen di fakultas kamu nggak friendly? Udah pasti bikin males kuliah, bahkan merasa salah jurusan.

Tapi jangan terlalu memusingkan hal itu. Gue sendiri di kampus nggak terlalu memikirkan banyaknya jumlah temen. Gue deket dengan beberapa temen yang satu tujuan sama gue. Gue nggak peduli. Karena nanti semakin naik tingkat bakal makin sedikit ‘temen yang bener-bener temen’ sama kita.

Nggak percaya? Silakan tanya sama temen kamu yang udah jadi mahasiswa angkatan tua. Saran gue, cari temen yang satu visi dan misi sama kamu, beda jurusan pun nggak masalah. Jangan sampe cuma karena temen-temen yang nggak asik kamu jadi merasa kuliah di jurusan yang salah.


6. Ngeliat Jurusan Lain Lebih Oke

Rumput tetangga emang terlihat lebih hijau. Kamu ngerasa berat banget kuliah di jurusan sastra nuklir, terus ngeliat temen kamu yang kuliah di jurusan ilmu tenaga batin kok enak banget ya. Makanya kamu ngerasa salah jurusan.

Yang kamu harus tau adalah nggak semua pemandangan indah yang dirasain seseorang juga bakal kamu rasain dengan sama. Bisa aja dia keliatan enjoy banget sama kuliahnya, tapi di lain sisi yang nggak kamu tau, otaknya udah geser dari kepala ke lambung gara-gara kuliahnya 18.393.439 kali lebih berat dari kamu.


7. Nggak Lulus-Lulus

Ini sih bukan tanda salah jurusan, kamunya aja yang males. Dan kalaupun iya, terlalu terlambat buat kamu menyadarinya.

Sebenarnya tanda-tanda di atas itu wajar, dan itu semua cuma fase, nanti juga lewat. Asalkan kamu emang niat pengin kuliah dengan serius, dan bisa membagi waktu antara belajar dan bersenang-senang. Sayangi umur dan biaya yang dikeluarin orang tua kamu.

Dan buat kamu-kamu yang kuliah di jurusan pilihan orang tua, percayalah, meskipun kamu nggak suka dengan jurusan itu, itu adalah pilihan terbaik untuk orang tua kamu. Seberat apapun jalanin aja, intinya: Ikhlas, semua demi masa depan kamu. Cie gitu.

source

Pengetahuan 730519556059158907

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item