sidetekin

Ada Sekitar 2000 Masjid Di Bandung, Arah Kiblatnya Salah


Masjid sejatinya menjadi titik tempat peribadatan bagi kaum muslimin di berbagai dunia. Dengan berpatokan kepada kiblat yang berada pada titik Ka'bah di kota Mekah, seluruh umat muslim di dunia berada dalam satu shaf dan satu tumpuan.

Lantas, bagaimana kalau arah kiblatnya salah atau melenceng sobat lintas? ini yang terjadi pada sekitar 2000an masjid di kota Bandung, setidaknya itu menurut Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung.

Menurut kesepakatan, arah kiblat berada di 25 derajat 10 menit dari titik barat laut, namun banyak masjid di Kota Bandung terutama yang dibangun pada masa penjajahan mulai melenceng dari patokan.

Ada sekitar 4000an lebih masjid megah berdiri di Kota Bandung, namun dari jumlah masjid tersebut 50 persen atau 2.000 lebih arah kiblatnya justru tidak tepat atau melenceng, umumnya kurang ke sebelah kanan bahkan lurus dengan arah barat.

Maftuh Kholil selaku Kepala Badan Hisab dan Rukhyat Kota Bandung menjelaskan bahwa melencengnya arah kiblat tersebut disebabkan berbagai faktor, Salah satunya pembangunan masjid pada masa Pemerintahan Belanda yang berpatokan pada garis jalan sehingga kiblat masjid lurus ke arah barat.

Untuk lebih memastikan keakuratan arah kiblat, pada tahap awal pihaknya akan melakukan kalibrasi ulang arah kiblat di enam masjid utama yang tersebar di enam wilayah di Kota Bandung sebagai patokan masjid di sekitarnya, seperti dilansir dari okezone.com.

Tak lupa melibatkan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tingkat kecamatan dan kabupaten. Targetnya, dalam satu tahun semua masjid di Kota Bandung sudah benar arah kiblatnya. (via Lintasme)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Muslim 6637326311229018780

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item