sidetekin

Hape Berbunyi Saat Shalat? Lakukan Hal Ini!


Sudah sering kita jumpai dimana kita sedang sholat, baik sendiri maupun berjamaah ada nada HP berbunyi tanda masuknya panggilan. Pengalaman yang menjengkelkan beberapa waktu lalu di masjid dekat tempat kerjaku, seorang jemaah membiarkan nada deringnya( seperti disco dangdut koplo) berbunyi dari rakaat kedua hingga rakaat ketiga shalat maghrib selesai. Para jamaah banyak yang uring-uringan setelah selesai shalat.

Apa yang sebaiknya kita lakukan? Membatalkan sholat? Mematikan HP? Menjawab panggilan telpon? atau malah membiarkan nadanya sampai mati sendiri? Ada beberapa fatwa dari ulama mengenai hal ini ; saya kutipkan dari muslim.or.id

Bagaimana hukum mengenai hp yang berdering ketika sholat dengan ringtone.Bagaimana hukumnya jika pemilik hp itu sengaja tidak mematikannya? Padahal sudah ada stiker larangan, imam sholat pun melarang, namun orang-orang tidak memperdulikan. Dan bagaimana hukumnya jika tidak sengaja? Syaikh Abdullah Al Faqih menjawab : Setiap muslim wajib bertaqwa kepada Allah dalam setiap hal. Wajib pula berusaha khusyuk dalam sholat dengan menjauhkan dari hal-hal yang dapat memalingkan sholat.

Nabi Shallallahu 'alahi Wasallam bersabda : "Sungguh,shalat itu sangatlah sibuk" (Muttafaqun Alaih) Diantara usaha untuk mencapai kekhusyukan adalah dengan mematikan hp, atau membuatnya mode silent. Jika Rasulullah saja, sebagaimana dalam riwayat Imam Ahmad, beliau melarang mengeraskan bacaan Al Quran kita ketika sedang ada yang shalat, bagaimana lagi dengan ringtone handphone? Maka jika seseorang tidak mematikan hp-nya atau mode silent, ia telah melakukan perbuatan yang minimal makruh hukumnya. Tapi jika lupa tidak ada dosa baginya, namun semestinya yang ia lakukan adalah segera mematikan hp-nya walau sedang shalat. Gerakan kecil ini tidak akan mempengaruhi keabsahan shalatnya.

Adapun mengenai menjawab telepon ketika shalat, hal ini tidak di perbolehkan. Karena hal tersebut termasuk berbicara yang tidak diperbolehkan dalam shalat. Kecuali jika tidak banyak gerakan, di bolehkan mengangkat telepon lalu mengucapkan takbir (allahuakbar) atau tasbih (subhannallah),karena takbir dan tasbih bagian dari shalat. Bagaimana jika hp tidak di saku baju atau celana, tapi berada di dalam tas yang berada beberapa meter dari kita, atau jika kasusnya pada telpon rumah yang berbunyi, maka lakukan salah satu dari solusi ini; bersegera menyelesaikan shalat jika shalat sendiri atau jadi imam, jika tidak terlalu jauh melangkah menuju telepon dan mematikannya dan jika tak terlalu jauh juga melangkah dan menjawab telepon dengan mengucapkan Subhannallah atau Allahu Akbar.

Jika jarak kita dari telepon cukup jauh dan membutuhkan banyak langkah, maka tidak di perbolehkan mengangkatnya. Karena menyebabkan gerakan yang sangat banyak sehingga tidak lagi dianggap orang yang sedang mengerjakan shalat, dan dapat memalingkan kita dari kesibukan shalat. Semoga bermanfaat. Wallahu'alam. (via kompasiana)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Muslim 8714661415479293242

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item