sidetekin

Ini Sosok Sahabat yang Menyelamatkan Rasulullah di Perang Uhud


Adalah Thalhah ibnu Ubaidillah, salah seorang sahabat yang tak pernah absen dalam peperangan, kecuali pada Perang Badar. Ketidakhadiran alam perang yang menuai kemenangan geilang itu kemudian dibayar pada Perang Uhud. Dikisahkan dalam buku 60 Orang Besar di Sekitar Rasulullah, Abu Bakar menyebut hari terjadinya Perang Uhud adalah harinya Thalhah.

Ketika keadaan berbalik menjadi di bawah kendali kaum Quraisy, Thalhah yang melihat Rasulullah tengah menjadi sasaran bagi musuh yang berlari ke arah tersebut. Jarak yang sebetulnya dekat namun terasa begitu melelahkan sebab di setiap jengkalnya dipenuhi puluhan pedang dan tombak yang menghadang. Darah yang ia lihat mengalir di pipi Rasul menjadi pelecutnya untuk semakin menguatkan diri menyelamatkan Rasulullah. Thalhah kemudian mampu mengambil posisi di depan nabi untuk mejauhkan pedang-pedang musuh dan memosisikan nabi di tempat aman.

"Aku adalah orang pertama yang sampai ke tempat nabi tetapi beliau berkata kepadaku dan kepada Abu Ubaidah, 'Tolonglah saudaramu!' lalu kami pun melihat ke arah Thalhah dan tiba-tiba kami temukan lebih dari 70 luka bekas sayatan pedang dan hujaman tombak menghiasi tubuh Thalhah. Kami juga dapati jari-jarinya terputus lalu kami berusaha menyembuhkannya," kata Abu Bakar mengisahkan.

Thalhah merupakan seorang yang sukses sebagai pebisnis yang tak segan membagikan hartanya kepada sesama. Pernah pula dia berjalan-jalan di Madinah mengunjungi rumah penduduk satu per satu untuk membagikan harta kekayaannya pada mereka hingga tak tersisa satu dirham pun padanya. Nabi pun menggelarinya sebagai Thalhah yang dermawan. (via brilio)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Muslim 7322754077478514544

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item