sidetekin

7 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Wanita agar Sehat Setiap Hari


Wanita memiliki fisik yang berbeda dengan pria. Ada sejumlah hal tertentu yang khas terjadi pada wanita seperti perubahan hormonal pada waktu tertentu, hamil, PMS, dan sebagainya. Berbagai kekhasan ini seringkali membawa konsekuensi tersendiri terkait kesehatan tubuh.

Dikutip dari She Knows, ada beberapa hal yang sebaiknya dipenuhi wanita demi mendapatkan kesehatan yang prima setiap hari: (via aktualpost)

  1. Memenuhi zat besi. Kekurangan zat besi adalah salah satu gangguan gizi paling umum terjadi di dunia. Seseorang yang kekurangan zat besi lebih mudah mengalami kelelahan dan muncul gejala anemia atau kekurangan darah. Zat besi adalah salah satu komponen pembentuk sel darah merah (trombosit). Jika jumlah trombosit rendah, maka orang cenderung mengalami keletihan ekstrim, mengalami gangguan kesehatan umum, bahkan hingga kematian. Zat besi bisa didapatkan dari daging sapi, tahu, brokoli, aprikot, hati ayam, dan sebagainya. Setiap hari disarankan mengonsumsi 15-18 mg zat besi.
  2. Tidur cukup. Sebaiknya pemenuhan terhadap waktu tidur dilakukan selama 6-8 jam. Tidur dalam waktu yang cukup mencegah datangnya berbagai penyakit. Contohnya demensia, flu, demam, kerusakan sel otak, hingga kemarian dini. Kekurangan waktu untuk tidur malam tidak lantas bisa digantikan dengan tidur siang. Jadi patuhi jam tidur malam Anda dengan baik.
  3. Berjemur sinar matahari. Mungkin kegiatan ini jarang dilakuka kebanyakan masyarakat modern. Padahal, berjemur sinar matahari membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan terbentuknya vitamin D di bawah kulit. Vitamin ini juga penting untuk menguatkan tulang bersama kalsium dan mencegah kanker. Cukup berjemur 10-15 menit setiap hari di waktu pagi atau sore saat matahari tidak terik.
  4. Magnesium. Kekurangan magnesium menyebabkan wanita mengalami nyeri yang lebih terasa kala menstruasi. Di samping itu bisa pula menyebabkan kemandulan dan naik turunnya berat badan. Magnesium memainkan peran penting terkait hormon tubuh, denyut jantung, tekanan darah, dan stres. Beberapa makanan yang kaya kalsium di antaranya sayuran hijau, coklat hitam, dan biji bunga matahari.
  5. Asam folat. Bagi wanita hamil, asam folat membantu melindungi tabung saraf janin. Janin lebih terjaga dari kecacatan organ otaknya. Dianjurkan bagi wanita hamil bisa mengonsumsi asam folat setiap hari dengan cukup. Nutrisi ini dapat ditemukan pada sereal yang diperkaya asam folat, bayam, asparagus, jeruk, dan sebagainya.
  6. Berjalan kaki. Pernah mendengar anjuran berjalan kaki 10 ribu langkah setiap hari? Bagi wanita mungkin sangat disarankan. Wanita lebih berisiko mengalami osteoporosis. Berjalan kaki secara rutin membantu penguatan tulang, mencegah penyakit jantung, hingga mengurangi obesitas. Berjalan ini tidak melulu meluangkan waktu khusus, melainkan juga menjadi satu dengan kegiatan harian Anda.
  7. Serat. Makan serat membantu mengatasi masalah sembelit. Serat juga dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes dan obesitas. Menyukupi kebutuhan serat akan menjaga kesehatan lebih baik dari waktu ke waktu.

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Tips 7870272575384934276

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item