sidetekin

Kerja Sambil Berolahraga, Caranya? Ini Dia

Banyak kasus membuktikan, sebagian besar orang gagal mempertahankan kariernya, karena mereka tidak bisa menjaga gairah kerjanya. Menjaga kondisi tubuh membantu Anda untuk mempertahankan gairah kerja.


Pepatah mengatakan, dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Untuk itu, jagalah selalu kondisi kesehatan tubuh Anda agar tetap fit. Gairah kerja yang tinggi hanya bisa ditunjang oleh kondisi badan yang sehat. Betapapun tingginya gairah kerja, jika tubuh sakit, tentu akan sulit mewujudkannya.

Bagi Anda para pekerja di kota metropolitan, berhasil menyeimbangkan antara kesehatan dan jadwal pekerjaan yang sibuk merupakan tantangan tersendiri. Tuntutan hasil pekerjaan profesional tentu memerlukan dukungan kesehatan yang prima pula.

Salah satu kegiatan yang paling sulit dilakukan oleh para pekerja kantoran yang sangat sibuk adalah olahraga. Berolahraga seringkali dihindari karena dianggap menghabiskan waktu dan identik dengan rasa lelah, cedera ataupun keringat yang lengket di tubuh.

Olahraga mungkin dipandang sebagai kegiatan yang tidak praktis dan hanya mengurangi waktu untuk menyelesaikan tugas kantor atau rumah. Meskipun para pekerja kantoran yang sibuk ini menyadari manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh, mereka sulit mengatur waktu antara pekerjaan rutin dan olahraga.

Kesibukan yang menyita waktu adalah alasan utama bagi sebagian besar orang yang tidak berolahraga. Jika Anda termasuk orang yang sangat sibuk dan menganggap tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga, pikirkanlah kembali. Banyak cara untuk berolahraga di sela-sela waktu sibuk Anda.

Olahraga ringan, seperti jalan cepat yang dilakukan rutin seminggu 3 kali selama 30 menit akan memberi manfaat seperti halnya Anda melakukan olahraga dalam skala yang lebih berat, seperti aerobik. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan tegaskan dalam rangka usaha Anda untuk berolahraga demi kebugaran tubuh Anda tanpa mengurangi produktivitas kerja.

Rencanakan Kegiatan Rutin
Pada saat hari kerja yang benar-benar sibuk, Anda akan sangat sulit untuk melakukan olahraga secara spontan, meski cuma sebentar. Maka, upayakanlah agar kegiatan olahraga Anda sesuai dengan kegiatan rutin kantor dengan membuat rencana seluruh kegiatan Anda, mulai dari jadwal meeting, membuat laporan, bertemu klien dan lainnya.

Dan ingatlah, jangan sampai Anda menjadi malas berolahraga hanya karena melewatkan satu kali jadwal olahraga yang sudah tentukan.

Siapkan Pakaian dan Peralatan Latihan
Cobalah bawa pakaian dan alat olahraga Anda dan siapkan di laci meja kantor atau di kendaraan. Cara ini akan mendorong Anda untuk melakukan olahraga secara spontan. Maka, siapkan satu stel pakaian olahraga terdiri dari celana dan kaos olahraga, sepatu lari atau alat olahraga seperti skipping rope atau barbel ringan.

Ajak Rekan Kerja
Ajaklah rekan kerja Anda untuk berolahraga rutin di sore hari sepulang kerja. Lebih baik lagi jika kegiatan olahraga dilakukan menggunakan fasilitas olahraga di kantor atau di sekitar kantor Anda. Iseng-iseng sambil Anda menunggu kemacetan jalan berkurang. Bentuklah tim olahraga kantor atau antar kantor yang akan mempererat hubungan sekaligus memacu semangat dan meningkatkan produktivitas Anda.

Lakukan Latihan yang Anda Sukai
Jangan lakukan olahraga yang tidak Anda sukai atau yang dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Memilih olahraga yang menurut Anda menyenangkan akan membuat Anda bersemangat dan fokus pada tujuan.

Ini Bukan Hanya Tentang Diri Anda
Pikirkanlah bahwa sebenarnya Anda berhutang kesehatan tidak hanya pada diri sendiri tetapi juga pada keluarga tercinta. Anda tentu tak ingin jatuh sakit dan membuat orang-orang terdekat Anda merasa khawatir, bukan? Karenanya buatlah suatu komitmen pada diri sendiri untuk melakukan aktivitas fisik, setidaknya 30 menit setiap hari, sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Adakalanya juga Anda harus menyesuaikan gaya hidup sehat Anda dengan aktivitas kerja. Berikut adalah beberapa petunjuk agar Anda bisa tetap prima meskipun sibuk dengan kegiatan di kantor :

  1. Bila Anda perlu berdiskusi dengan rekan kerja, datanglah ke tempatnya. Berjalan ke tempat kolega Anda akan melancarkan peredaran darah, dan juga menghilangkan penat.
  2. Saat waktu makan siang tiba, ambil 10-15 menit untuk olahraga ringan sebelum Anda menyantap menu makan siang. Anda akan merasa lebih bugar setelahnya.
  3. Ketimbang menggunakan lift untuk naik ke lantai atas, sebaiknya gunakan tangga darurat baik saat naik ataupun turun. Aktivitas ini akan melatih otot tubuh Anda sekaligus membakar lebih banyak kalori dan melancarkan peredaran darah yang beku akibat duduk terlalu lama.
  4. Masukkan kegiatan fitnes ke dalam agenda Anda. Jadwalkan aktifitas fitnes sejajar dengan rapat, rileks selepas jam kerja, kegiatan akhir pekan, dan sebagainya. Kesehatan yang baik berarti produktivitas yang lebih besar.
  5. Buatlah tim atau klub olahraga di kantor. Kegiatan olahraga selalu akan mendapat tanggapan positif dari kolega yang sama-sama peduli akan kesehatan. Aturlah juga jadwal olahraga rutin dengan rekan-rekan sekantor, di luar jam kerja tentunya.

Selamat bekerja sambil berolahraga. (via duniafitnes)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Tips 900240673991432509

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item