sidetekin

Di Malam Hari Suara Terdengar Lebih Jelas, Ini Alasannya


Rumahmu cukup jauh dari stasiun, tetapi di malam hari kamu sering mendengar suara kereta api yang akan berangkat, padahal di siang hari kamu tidak dapat mendengarnya? Atau saat kamu sedang pergi ke suatu tempat terbuka di alam bebas, saat malam hari kamu dapat mendengar suara dari arah yang sangat jauh yang tidak dapat kamu dengar siang hari?
Ya, terkadang kita merasa bahwa suara-suara dari arah yang jauh terdengar lebih jelas di malam hari. Kok bisa begitu ya?

Salah satu penyebabnya adalah tentu saja karena di malam hari suasananya lebih tenang. Di siang hari, banyak sekali suara-suara di sekitar kita, mulai dari suara kendaraan lalu lalang di jalan sampai suara orang-orang di sekitar kita.

Karena di sekitar kita saja sudah cukup banyak suara, telinga kita akan cenderung menghiraukan suara-suara yang dekat dengan kita tersebut, dan akan mengabaikan suara-suara yang sumbernya cukup jauh.

Faktor lain yang menyebabkan suara yang cukup jauh terdengar lebih jelas di malam hari adalah pembiasan gelombang suara.

Sekedar informasi, gelombang suara akan merambat lebih cepat di udara yang panas, dan merambat lebih lambat di udara yang dingin.

Saat gelombang suara merambat dari udara yang panas menuju udara yang dingin atau sebaliknya, gelombang suara tersebut akan dibiaskan. Hal ini mirip dengan yang terjadi pada gelombang cahaya yang mengakibatkan benda di sekitar kita tampak bergelombang saat udara sedang panas. Ayo baca lagi artikel tentang permukaan benda yang tampak bergelombang saat hari panas!

Saat siang hari, suhu udara di atmosfer cenderung lebih panas dibandingkan dengan suhu udara di sekitar permukaan bumi. Akibatnya, gelombang suara yang menuju ke arah bumi akan dibiaskan ke atas, dan arahnya semakin menjauhi telinga kita.

Sebaliknya, di malam hari suhu udara di sekitar permukaan bumi lah yang lebih panas, sehingga gelombang suara yang menuju ke arah atmosfer akan dibiaskan ke bawah. Imbasnya, arah gelombang suara tersebut menjadi semakin dekat dengan telinga kita dan semakin dapat kita dengar dengan jelas. (via sainsme)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Pengetahuan 8091737757573884733

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item