sidetekin

Kenapa Negara-Negara Kaya Arab Tak Peduli Pengungsi Suriah?


Saat negara-negara Barat bergulat dengan krisis pengungsi paling serius sejak Perang Dunia II, sebagian besar dari mereka yang melakukan perjalanan sangat berbahaya itu berasal dari Suriah, ada keprihatinan mendalam terkait kegagalan negara-negara Arab Teluk yang kaya minyak untuk membuka pintunya bagi para pencari suaka.

Letak Suriah berdekatan dengan negara-negara Arab Teluk, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Bahrain, dan Kuwait.

Namun, para pengungsi Suriah selama beberapa tahun terakhir justru menyeberang ke Lebanon, Jordania, dan Turki. Kini mereka pergi lebih jauh lagi, Eropa.

BBC pekan lalu melaporkan, kemakmuran dan kedekatan negara-negara Arab Teluk dengan Suriah telah menimbulkan banyak pertanyaan soal apakah mereka punya kewajiban lebih besar ketimbang negara-negara Eropa. Pertanyaan itu muncul dalamhashtag #Welcoming_Syria’s_refugees_is_a_Gulf_duty di media sosial Twitter berbahasa Arab.

Sebuah laman Facebook bernama The Syrian Community in Denmark berbagi video yang menggambarkan pengungsi diperbolehkan masuk Austria lewat Hongaria, dan membuat pengguna lain bertanya, “Mengapa mereka kabur dari wilayah saudara-saudara kita sesama Muslim, yang seharusnya lebih bertanggung jawab, ketimbang ke negara-negara yang mereka sebut sebagai “negara kafir”?” Pengguna lain menjawab, “Saya bersumpah atas nama Allah yang Maha Perkasa, orang-orang Arab itulah yang kafir.”

BBC juga mengutip harian Makkah yang bahkan menerbitkan kartun, yang juga disebarkan lewat media sosial. Kartun itu memperlihatkan seorang pria berbaju tradisional dari negara Teluk.

Dia melihat ke sebuah pintu berpagar kawat berduri dan menunjuk pintu lain berbendera Uni Eropa sambil berkata, “Kenapa kamu tak mengizinkan mereka masuk? Dasar orang-orang tidak sopan!?” Kartun ini secara jelas menyindir keras sikap pemerintah negara-negara Teluk.

Namun, benarkah negara-negara Teluk tidak peduli dengan penderitaan tetangganya.

The Sydney Morning Herald (SMH), Kamis (10/9/2015), melaporkan bahwa sesungguhnya negara-negara itu telah berada di antara para donor terbesar dunia untuk membantu para pengungsi Suriah.

Bantuan-bantuan mereka disalurkan melalui badan-badan PBB dan badan amal swasta. (via berita24h)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Muslim 4869154472726883897

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item