sidetekin

Ini Gambaran Manusia Saat Terjadinya Kiamat


“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya” (Q.S. Al-Hajj:1-2)

Dalam ayat diatas telah dijelaskan secara gamblang bagaimana dasyatnya hari kiamat. Paling tidak ada 3 hal yang digambarkan oleh Allah melalui ayat ini yaitu:
  • Ibu-ibu yang sedang menyusi bayinya menjadi lalai (bahwa ia sedang dalam keadaan menyusui).
  • Wanita yang sedang hamil akan gugur kandungannya.
  • Manusia seperti dalam keadaan mabuk tidak sadar padahal ia dalam keadaan sadar.

Hal itu semua terjadi lantaran betapa dasyatnya keadaan pada hari kiamat. Allah menggambarkan semua itu dimaksudkan agar manusia takut terhadap adzab yang telah dijanjikan Allah dan mengharap pahala yang dijanjikan Allah yang dibuktikan dengan menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Namun anehnya, masih ada diantara beberapa kelompok manusia yang masih membantah dan meragukan akan kekuasaan Allah SWT seperti yanag tertera dalam firmannya di surat Al-hajj ayat 3 :

“Di antara manusia ada orang yang membantah tentang Allah[1] tanpa ilmu pengetahuan dan mengikuti setiap syaitan yang jahat” (Q.S. Al-Hajj:3)

Padahal Allah SWT juga telah menjelaskan tentang gambaran hari kiamat di surat Al-Qori’ah ayat 4-5 :

“Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran. dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan” (Q.S. Al-Qori’ah:4-5)

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapat perlindungan Allah SWT dan syafa’atnya di hari kiamat kelak. Amin ya robbal alamin. Wallahu a’lam bisshowab. (via ppwalisongo/Zam/04)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Muslim 6983053214950924688

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item