sidetekin

Daftar Pemberi Utang Luar Negeri Indonesia, Lihat Yuk!


Bank Indonesia merilis data terbaru mengenai posisi utang luar negeri Indonesia. Per April 2015, utang luar negeri Indonesia tercatat sebesar USD 299,84 miliar atau setara dengan Rp 4.003 triliun (kurs hari ini). Angka utang ini naik dari bulan sebelumnya yang hanya USD 298,06 miliar.

Meski demikian, angka utang per April 2015 ini turun jika dibandingkan posisi awal tahun, di mana utang luar negeri Indonesia pada Januari 2015 mencapai USD 300,17 miliar.

Namun demikian, siapa pemberi utang luar negeri ke Indonesia?

Dilansir dari data resmi Bank Indonesia, asal utang yang sudah tembus Rp 4.000 triliun ini terdiri dari tiga kreditor yaitu negara asing, organisasi internasional, serta lainnya. Utang luar negeri Indonesia kepada beberapa negara mencapai USD 179,53 miliar.

Negara pemberi utang terbesar ke Indonesia adalah Singapura dengan nilai USD 60,14 miliar. Setelah itu ada Jepang yang memberi utang ke Indonesia mencapai USD 31,97 miliar. Kemudian disusul oleh Belanda yang memberi utang sebesar USD 11,46 miliar. Setelah Belanda, Amerika Serikat juga cukup besar memberi utang ke Indonesia mencapai USD 10,6 miliar.

Masih banyak negara pemberi utang ke Indonesia dengan nilai di bawah USD 10 miliar, di antaranya adalah Korea Selatan, Jerman, Prancis, China, Afrika, Inggris, Hongkong dan lain sebagainya.

Sedangkan utang luar negeri Indonesia kepada organisasi internasional mencapai USD 25,89 miliar. Berbagai organisasi memberi utang ke Indonesia seperti IBRD dengan nilai USD 12,18 miliar. Selain itu, ada lagi ADB dengan nilai USD 8,3 miliar. Selanjutnya ada IDB dengan utang luar negeri USD 605 juta dan masih ada beberapa organisasi internasional lainnya.

Dalam data BI, Indonesia masih tercatat memiliki utang ke IMF dengan nilai mencapai USD 2,76 miliar. Namun demikian, beberapa waktu lalu IMF membantah Indonesia masih mempunyai utang.

Adviser IMF, Benedict Bingham mengatakan Indonesia saat ini tidak memiliki utang dengan IMF. Adapun utang tercantum dalam data statistik utang luar negeri Bank Indonesia itu merupakan kuota penyertaan modal Indonesia dalam bentuk mata uang khusus IMF, biasa disebut special drawing rights (SDR).

"Berdasarkan dokumen perjanjian, alokasi SDR kepada seluruh negara anggota disesuaikan dengan proporsi kuota mereka di IMF. Ini dalam rangka menyediakan likuiditas tambahan buat negara anggota," katanya beberapa waktu lalu.

Utang luar negeri Indonesia juga berasal dari sumber lainnya dengan nilai mencapai USD 94,4 miliar. (via merdeka/idr)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Indonesia 1457041760672824669

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item