sidetekin

10 Aplikasi Chat Terpopuler di Indonesia


Jika Anda ingat-ingat, dalam sebulan terakhir apakah Anda masih sempat mengirimkan sebuah SMS ketika menghubungi salah seorang rekan Anda? Sebagian mungkin sudah tidak sama sekali, atau mungkin masih ada yang mengirimkan SMS walaupun jumlahnya mungkin bisa dihitung dengan jari.

Seiring dengan semakin murahnya harga smartphone di pasaran, mayoritas pengguna ponsel kini telah beralih menggunakan aplikasi chat/messaging untuk berkomunikasi secara instan ketimbang mengirim SMS, bahkan sebagian juga gemar menggunakan fitur voice call yang gratis ketimbang menelepon.

Menurut catatan Jason Tedjasukmana selaku Communications Manager di Google Indonesia, seorang pengguna smartphone di Indonesia setidaknya memiliki 3 buah aplikasi chat yang terinstall di dalam ponsel, sementara 25 persen di antaranya bahkan memiliki lebih dari 5. Apalagi mengingat fakta bahwa kebanyakan pengguna saat ini memiliki lebih dari satu perangkat untuk aktivitas sehari-hari, maka tak heran jika seorang pengguna memiliki begitu banyak aplikasi untuk memudahkan orang lain menghubungi mereka bukan?

Selama tahun 2014, Google mencatat bahwa 10 aplikasi chat terpopuler di Indonesia adalah:

- BBM
- WhatsApp
- Line
- WeChat
- Skype
- Yahoo Messenger
- Facebook Messenger
- Kakao Talk
- BeeTalk
- Kik Messenger

Seperti yang Anda lihat pada daftar di atas, BBM masih menjadi aplikasi chat favorit dari para pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini merupakan sebuah hal yang unik, mengingat mayoritas pengguna BlackBerry kini sudah banyak yang beralih menggunakan iPhone atau Android. Namun keterikatan mereka dengan layanan chat yang ditawarkan oleh BlackBerry tampaknya terlalu erat, dan dukungan cross-platform yang diberikan BlackBerry akhirnya membuat para pengguna tetap mengandalkan BBM sebagai aplikasi chat no. 1 di Indonesia. (via gopego)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Tekno 5264673122226712953

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item