sidetekin

5 Perbatasan Negara yang Tidak Biasa

Daftar 5 perbatasan wilayah yang unik, tidak biasa dan memiliki kisahnya tersendiri. Cukup menarik untuk dicermati. Perbatasan apa saja mereka? Sebuah perbatasan antar wilayah biasanya ditandai dengan semacam papan nama atau tugu yang diberi tulisan seperti "Selamat Datang di Kabupaten Bandung Selatan." atau "Selamat Jalan!", atau kata-kata yang tidak jauh berbeda. Namun di dunia ini ada beberapa perbatasan yang tidak lazim dan cukup menarik untuk dicermati. Masing-masing tentunya memiliki kisahnya sendiri. Apa saja mereka? Mari kita lihat satu per satu.

Spanyol | Maroko

Kota Ceuta adalah sebuah kota otonom milik Spanyol seluas 18.5 kilometer persegi yang terletak di pantai utara benua Afrika. Walaupun secara resmi menjadi milik Spanyol, kota ini dikelilingi oleh wilayah negara Maroko. Terpisahkan dari Semenanjung Iberia di daratan Spanyol oleh Selat Gibraltar, kota ini terletak di perbatasan Laut Mediterania dan Samudera Atlantik. Beberapa kali Maroko mencoba untuk mengklaim kota Ceuta, dan juga kota otonom Spanyol lain yaitu Melila serta beberapa pulau kecil Mediterania, hal ini membuat Spanyol kemudian mendirikan tembok pembatas dengan kawat berduri di atasnya setinggi 3 meter 
mengelilingi kota tersebut.

Baarle-Nassau (Belanda) | Baarle-Hertog (Belgia)

Baarle-Nassau adalah sebuah kotamadya yang termasuk ke dalam wilayah Kerajaan Belanda yang berbatasan sangak unik dengan kotamadya Baarle-Hertog yang merupakan bagian negara Belgia. Kota Baarle-Hertog terpecah-pecah ke dalam 26 wilayah yang saling terpisah dan masing-masing dikelilingi oleh wilayah Baarle-Nassau, namun beberapa bagian Baarle-Hertog juga masuk ke dalam wilayah Baarle-Nassau. Bidang terkecil dari ke-26 pecahan tersebut hanya berukuran 2/3 hektar. Perbatasan keduanya sedemikian rumit sehingga menyebabkan ada beberapa bangunan yang terbelah-belah olehnya.

Derby Line, Vernont (Amerika Serikat | Kanada)


Kota Derby Line terbelah tepat di tengah-tengah oleh garis batas antara Amerika Serikat dan Kanada. Garis batas tersebut bahkan tidak memandang bangunan dan rumah yang berdiri di kota tersebut. Jadi bisa saja ada kejadian suatu keluarga melakukan makan malam di rumahnya di wilayah Kanada, kemudian mereka menonton televisi juga masih berada di rumahnya tetapi berada di wilayah Amerika Serikat. Di kota ini terdapat Perpustakaan Haskell Free (Haskell Free Library) dan juga Opera House yang sengaja dibangun tepat di atas garis batas tersebut. Panggung opera berada di wilayah Kanada sedangkan pintu masuk dan sebagian besar kursi penonton berada di wilayah Amerika Serikat. Gedung ini juga memiliki 2 alamat pos, satu untuk Amerika Serikat dan satu untuk Kanada.

Korean Demilitarized Zone (Korea Utara | Korea Selatan)

Zona terdemiliterisasi di Korea (Korean Demilitarized Zone) adalah sebidang tanah memanjang sepanjang 258 kilometer yang memisahkan Korea Utara dengan Korea Selatan. Perbatasan ini adalah perbatasan yang paling dijaga ketat di seluruh dunia. Sedemikian ketatnya perbatasan ini dijaga menjadikan daerah ini bersifat "aman", bahkan membuat beberapa spesies langka tinggal di sini, dan terdapat indikasi beberapa jenis spesies tersebut mengalami peningkatan populasi.
Zona DMZ Korea ini sesungguhnya tidak membatasi kedua negara dalam pengertian dalam bentuk garis lurus. Zona ini sebenarnya mengelilingi suatu wilayah khusus yang telah disetujui kedua belah pihak sebelumnya bernama Military Demarcation Line (MDL). Hal ini penting karena kedua negara secara teknis masih berada dalam keadaan perang, walaupun pada tanggal 27 Juli 1953 telah ada perjanjian gencatan senjata. Zona ini juga merupakan realisasi dari perjanjian gencatan senjata tersebut, dan dibangun oleh PBB bersama kedua negara.
Gunung Everest (China | Tibet)
Selain terkenal sebagai puncak tertinggi di muka bumi, gunung Everest ternyata juga telah berabad-abad menjadi perbatasan antara China dan Tibet. Gunung ini dibagi menjadi 2 tepat ditengah-tengahnya mulai dari dasar gunung sampai ke puncaknya. Hal ini menjadikan puncak Everest bukan hanya sebagai titik tertinggi di dunia melainkan juga sebagai perbatasan 2 negara tertinggi di dunia. (via faktawow.com)

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Top 6554828144726184962

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item