sidetekin

Manfaat-manfaat Tidur Tanpa Busana


Banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur tanpa mengenakan busana. Umumnya mereka merasa gerah serta lebih nyaman jika beristirahat tanpa menggenakan busana apa pun termasuk pakaian dalam. Ternyata tidur telanjang memiliki banyak manfaat. Berbagai penelitian pun banyak menunjukkan jika beristirahat tanpa memakai baju memiliki sejumlah dampak positif.

1. Tidur menjadi lebih nyenyak
Menanggalkan seluruh pakaian saat beristirahat ternyata memang langkah tepat untuk membuat tidur lebih nyenyak. Dengan melepas seluruh busana tubuh menjadi lebih dingin sehingga tidak gerah. Para ahli mengatakan jika untuk jatuh tertidur suhu tubuh harus turun setengah derajat padahal suhu tubuh berada di puncaknya antara jam 11 malam hingga 4 pagi. Tanpa disadari sebagian orang jadi sulit tertidur pulas karena hal ini.

Russel Foster, professor dari Universitas Oxford pun mengatakan bahwa mengenakan pakaian lengkap menyebabkan temperatur tubuh akan lebih sulit menyesuaikan diri dan membuat tidur jadi kurang pulas. Hal tersebut mungkin tidak akan membangunkan Anda dari tidur, namun istirahat jadi kurang berkualitas. Padahal tidur berkualitas adalah kunci dari ingatan yang baik dan hormon pertumbuhan yang produktif.

2. Membakar kalori
Dalam journal Diabetes, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan jika tidur dalam keadaan dingin akan mengaktifkan lemak coklat. Lemak coklat adalah jaringan lemak yang dapat menghasilkan panas. Orang yang memutuskan untuk membuka bajunya juga bisa merasa lebih hangat karena lemak cokelatnya aktif.

Menurut Michael Symonds dari Universitas Nottingham lemak cokelat bisa menghasilkan 300 kali panas dari organ tubuh yang lain.

3. Dapat menurunkan tekanan darah
Tidur tanpa busana juga bisa meningkatkan oksitosin, yakni hormon yang dipercaya bermafaat untuk kesehatan dan kebahagiaan. Oksitosin juga memiliki fungsi melindungi jantung karena menurunkan tekanan darah. Hormon tersebut juga bisa meningkatkan sistem imun dan meredakan kecemasan. Terlebih jika Anda tidur telanjang di sebelah pasangan.

4. Membuat hubungan semakin harmonis
Tidur tanpa busana sambil berdekapan dengan pasangan baik untuk kesehatan. Hal itu pun dapat membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Sebuah survei yang dilakukan pada 1.000 orang dewasa di Inggris menyebutkan jika orang-orang yang tidur telanjang memiliki kehidupan percintaan yang lebih menyenangkan. 57% dari mereka yang tidur tanpa pakaian terbukti lebih bahagia dibanding 43% yang orang yang tidur dengan piyama atau pakaian tidur lainnya.

Terapis seks Denise Knowles pun menjelaskan jika tidur telanjang bisa menjadi solusi bagi mereka yang kurang percaya diri dengan bentuk tubuh dan meningkatkan intensitas hubungan seks. "Anda bisa masuk ke dalam selimut dan membuka pakaian, masih bisa bersentuhan walau Anda tidak mau dilihat. Piyama bisa memberikan kesan 'tidak malam ini'," tutur Denise.

5. Terhindar sariawan
Sering sariawan? Mungkin Anda perlu mencoba tidur dengan menanggalkan semua pakaian. Menurut konsultan ginekolog Austin Ugwumadu dari St George’s Hospital London mengatakan jika tidur telanjang pada wanita dapat terhindar dari terinfeksi berbagai penyakit, salah satunya sariawan. "Sariawan menyukai kehangatan serta tempat yang sempit, jadi pakailah busana yang longgar atau tidak sama sekali," jelasnya.
(Daily Mail, Life Hack, Tribun News) via memobee

BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Kesehatan 4119113412082818374

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item