sidetekin

Penelitian: Ternyata Smartphone Bikin Loyo Penggunanya


Smartphone telah menjadi revolusi teknologi terbesar yang membuat hidup jadi semakin mudah. Namun sebuah penelitian mengklaim smartphone ternyata juga berpengaruh terhadap menurunnya tingkat kebugaran si pengguna.

Peneliti dari Fakultas Pendidikan, Kesehatan dan Layanan Masyarakat di Kent State University, Dr Jacob Barkeley dan Dr Andrew Lepp, melakukan penelitian untuk mengetahui tentang pengaruh penggunan smartphone terhadap level kebugaran dan kesehatan pada mahasiswa. dasarnya, karena ponsel berukuran kecil tidak seperti TV maka sangat memungkinkan untuk digunakan saat melakukan aktivitas fisik.

Mereka mensurvei terhadap lebih dari 300 mahasiswa di sebuah kota di Amerika terkait penggunaan smartphone dan tingkat kebugaran mereka. Dari kelompok sampel, 49 orang dipilih untuk tingkat kesehatan dan kebugaran.

Hasilnya, mahasiswa yang menghabiskan banyak waktu dengansmartphonenya, sekitar 14 jam per hari, ternyata kurang sehat dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan smartphone di bawah 90 menit per hari.

Salah seorang mahasiswa yang menjadi sampel penelitian ini mengatakan, "Setelah memiliki iPhone, saya akui handset itu telah mengurangi aktivitas fisik saya. Sebab, sebelumnya saya hanya punya BlackBerry, jadi tidak ada yang seru. Tapi sejak punya iPhone, saya bisa mendownload apa saja yang saya sukai."

Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang mempelajari hubungan antara ponsel cerdas dengan level kesehatan dan kebugaran penggunanya. Hasil penelitian ini dimuat dalam jurnal International Journal of Behaviour Nutrition and Physical Activity. (Times of India)

source

Pengetahuan 2074486977654011216

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item