sidetekin

Seperti Indonesia, 6 Negara Ini Disanksi FIFA karena Intervensi


Tindakan Menpora itu kemudian membuat FIFA mulai mempertimbangkan sepak bola Indonesia untuk diganjar hukuman.

Namun, ternyata bukan Indonesia saja negara yang pernah merasakan pahitnya diganjar sanksi oleh FIFA akibat intervensi pemerintahnya.

Ada beberapa negara yang pernah dihukum FIFA karena campur tangan pemerintah. Negara apa saja yang pernah disanksi FIFA? Simak ulasannya di halaman berikut:

Yunani
Hukuman: 4 hari

Penyebab: Pada 3 Juli 2006, Federasi Sepak Bola Yunani (EPO) melanggar Statuta FIFA dengan mencampurkan politik ke dunia sepak bola. Mereka pun dihukum FIFA tidak boleh mengikuti turnamen internasional. Namun, empat hari setelah dihukum FIFA, EPO kembali menaati Statuta FIFA.

Kuwait
Hukuman: 1 bulan

Penyebab: Pada 30 Oktober 2007, pemerintah Kuwait mengintervensi pemilihan ketua umum dan pengurus Federasi Sepak Bola Kuwait (KFA). FIFA pun melarang Kuwait tampil di ajang internasional selama satu bulan.

Nigeria
Hukuman: 2 minggu

Penyebab: Nigeria dihukum FIFA selama dua minggu setelah melanggar Statuta FIFA sebanyak dua kali. Yang pertama terjadi pada 4 Oktober 2010, Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF) disanksi FIFA karena adanya campur tangan pemerintah. NFF pun dihukum selama empat hari.

Kejadian kedua terjadi pada 9 Juli 2014. Pemerintah Nigeria ikut campur ketika menunjuk Ketua Umum NFF. Karena hal itu, NFF disanksi selama sepuluh hari.

Peru
Hukuman: 1 bulan

Penyebab: Federasi Sepak Bola Peru (FPF) mendapat sanksi FIFA selama satu bulan pada 25 November 2008. Ketika itu, pemerintah Peru tidak menyetujui pengangkatan Ketua Umum FPF, Manuel Braga.

Brunei Darussalam
Hukuman: 2 tahun

Penyebab: September 2009, pemerintah Brunei Darussalam membekukan BAFA (Federasi Sepak Bola Brunei) dan menggantinya dengan FADB pada Desember 2008. Karena hal itu, Brunei disanksi FIFA selama dua tahun. Asosiasi pimpinan Sepp Blatter baru mencabut sanksi pada Mei 2011 setelah merestui federasi sepak bola Brunei yang baru NFABD.

Ethiopia
Hukuman: 10 bulan

Penyebab: Pemerintah Ethiopia melengserkan Ketua Umum EFF (Federasi Sepak Bola Ethiopia) pada Januari 2008. Masalah tersebut membuat FIFA menghukum Ethiopia selama 10 bulan. Pada November 2008, hukuman tersebut dicabut FIFA karena Ethiopia telah menunjuk Ketua Umum EFF tanpa campur tangan pemerintah. (via kaskus)

Olahraga 6309340436104273357

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item