sidetekin

Ini Cara Membuat Proyektor Smartphone dari Kotak Sepatu


Saat ini sejumlah produk Android memang telah memiliki fitur proyektor mini untuk membantu para pengguna menampilkan berbagai macam konten yang mereka simpan di dalam ponsel. Namun bagi Anda yang belum tergugah untuk membeli ponsel dengan fitur proyektor, Anda juga bisa membuat sebuah proyektor mini dengan bermodalkan alat-alat sederhana yang ada di rumah Anda.

Youtuber Tech Builder menjelaskan tips bagaimana cara membuat sebuah proyektor mini dengan menggunakan kotak sepatu dan kaca pembesar, dan harganya dijamin tak akan menguras kantong Anda.

Pertama-tama, yang perlu Anda siapkan adalah sebuah kotak sepatu, sebuah kaca pembesar, lem kardus atau lem sepatu, hot glue, penggaris, cutter, serta styrofoam. Setelah semuanya terkumpul, hal termudah yang bisa segera Anda lakukan adalah memotong pegangan dari kaca pembesar. Sebagai catatan, kualitas kaca pembesar serta ukuran diameter yang dipakai sangat berpengaruh, jadi ada baiknya Anda pilih yang terbaik dan ukurannya sesuai dengan kotak kardus.

Setelah itu, mulai rapikan kotak sepatu; jika di bagian samping masih ada bagian yang kurang rekat, segera oleskan lem kardus atau lem sepatu untuk merekatkan tiap bagian agar aktivitas menonton nantinya tak terganggu. Selesai merekatkan, mulailah membuat cetakan lingkaran yang seukuran dengan lensa kaca pembesar. Cara termudah adalah dengan menempelkan kaca di sisi kotak, lalu gambar sebidang lingkaran yang sesuai dengan ukuran lensa tersebut dengan menggunakan spidol atau ballpoint.

Setelah menggambar bidang lingkaran, langsung saja potong bidang tersebut; Anda bisa menggunakan sebuah cutter yang dipasangkan ke sebuah jangka untuk mendapatkan hasil yang presisi. Jangan lupa untuk memotong sebagian dari kotak penutup dan menyesuaikannya dengan ukuran lingkaran, sehingga kotak proyektor benar-benar kedap dari serangga yang masuk ke dalam kotak misalnya.

Berikutnya adalah mencetak stand untuk ponsel; sebelum membuat bagian ini, Anda sebaiknya melakukan kalibrasi posisi ponsel dengan kaca pembesar untuk mendapatkan hasil yang optimal. Biasanya posisi terbaik adalah tepat di tengah-tengah, dan posisi tengah antara layar ponsel dengan kaca pembesar hendaknya benar-benar presisi.

Setelah mendapatkan posisi terbaik, langsung saja potong styrofoam tadi untuk menciptakan stand bagi ponsel. Anda nantinya bisa menggunakan double-tape atau sebuah velcro untuk merekatkan ponsel; penggunaan double-tape lebih murah tapi kekuatannya kurang menjamin dan daya rekatnya cenderung mudah pudar, sementara velcro agak memakan waktu dan biaya, namun lebih tahan lama.

Kini kotak proyektor Anda sudah selesai dan siap digunakan, dan Anda tinggal mengatur brightness hingga ke tingkatan yang tertinggi, juga matikan auto-rotate agar orientasi layar tetap stabil. Jangan lupa untuk mematikan koneksi internet maupun jaringan seluler jika Anda ingin aktivitas menonton Anda tak terganggu. Selamat mencoba! (via gopego)


BIAR LEBIH UPDATE, FOLLOW US!

Tekno 5650391470507570835

Most View

Recent

Thanks To Our Advertiser

Kirim Artikel Kamu!

 photo YWJW_82232_zps24cf568e.png

Klik Untuk Berita Terbaru






item